Sunday, March 20, 2016

Pengertian, Fungsi, dan Dinamika Kepemimpinan


PENGERTIAN, FUNGSI, DAN DINAMIKA KEPEMIMPINAN

Semua orang pasti sudah sering dan sangat familiar dengan istilah “Kepemimpinan”. Tetapi banyak juga orang yang tidak dapat menjelaskan secara rinci pengertian dari kepemimpinan itu sendiri.  Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan mencoba sedikit menjelaskan tentang pengertian, fungsi, dan dinamika dari kepemimpinan .
Sebelum menjelaskan tentang kepemimpinan, saya akan menjelaskan sedikit tentang pemimpin. Pemimpin dan kepemimpinan mempunyai kata dasar yang sama yaitu “pimpin”, tetapi mempunyai arti yang berbeda dan digunakan dalam konteks yang berbeda pula.

PENGERTIAN PEMIMPIN
Pemimpin adalah seseorang yang mempunyai kelebihan atau keahlian dibidang tertentu yang dapat mempengaruhi dan menggerakkan suatu kelompok yang dipimpinnya agar mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan. Seorang pemimpin juga harus mempunyai sikap bijaksana dan bertanggung jawab agar dapat dihormati oleh bawahannya.

PENGERTIAN KEPEMIMPINAN
Dalam suatu kelompok atau organisasi, kepemimpinan merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan pencapaian tujuan suatu organisasi. Cara seseorang memimpin akan membawa organisasi tersebut kearah keberhasilan atau ketidakberhasilan dalam mencapai tujuan yang  telah ditetapkan. Berikut adalah beberapa pengertian kepemimpinan menurut para ahli :
  • Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi suatu kelompok untuk mencapai tujuan. Robbins (2002:163)
  • Kepemimpinan adalah aktivitas mempengaruhi orang-orang supaya diarahkan mencapai tujuan organisasi. George R. Terry (1972:458)
  • Kepemimpinan adalah suatu proses mempengaruhi kegiatan-kegiatan sekelompok orang yang terorganisasi dalam usaha mereka menetapkan dan mencapai tujuan.

Dari beberapa pengertian diatas saya mengambil kesimpulan bahwa kepemimpinan itu adalah ilmu atau kemampuan untuk mempengaruhi suatu organisasi agar dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai organisasi tersebut.


FUNGSI KEPEMIMPINAN
  • 1.      Perencanaan dan penentu arah

Seorang pemimpin harus membuat perencanaan yang meyeluruh bagi organisasi dan menentukkan arah yang tepat bagi kemajuan organisasinya selaku penanggungjawab tercapainya tujuan organisasi
  • 2.      Intruksi

Bersifat komunikasi satu arah. Pemimpin merupakan pihak yang memerintah apa yang harus dikerjakan agar keputusan dapat dilaksanakan secara efektif.
  • 3.      Memandang ke depan

Seorang pemimpin itu harus selalu memandang kedepan dan selalu waspada terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi dan siap mengantisipasi kemungkinan tersebut.
  • 4.      Pengembangan Loyalitas

Mengembangkan loyalitas untuk para pemimpin tingkat rendah dan menengah dalam orgnanisasi. Seorang pemimpin harus mampu mengembangkan semangat bawahannya.
  • 5.      Pengawasan

Merupakan fungsi kepemimpinan untuk selalu mengawasi kemajuan pelaksanaan kerja.
  • 6.      Mengambil keputusan.

Seorang pemimpin harus berani mengambil keputusan demi tercapainya tujuan yang direncanakan.
  • 7.      Pemeliharaan

Seorang pemimpin harus dapat mempengaruhi bawahannya agar rajin bekerja dan menunjukkan prestasi yang baik. Pemimpin juga harus memberikan penghargaan atau hadiah kepada bawahannya yang berprestasi agar bawahannya betah bekerja pada organisasi tersebut.
  • 8.      Menjalankan tugas

Pemimpin harus mempunyai komitmen dan konsistensi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.


DINAMIKA KEPEMIMPINAN
Dinamika kepemimpinan adalah gerak atau kekuatan yang dimiliki seorang pemimpin dalam suatu organisasi yang dapat menggerakan bawahannya agar bisa mencapai tujuan organisasi.
Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika kepemimpinan:
  • 1.      Hubungan manusia dalam kepemimpinan

Hubungan manusia dalam kepemimpinan merupakan cara bagaimana seorang pemimpin dalam melakukan komunikasi yang efektif dan cara seorang pemimpin dalam  memperlakukan orang yang dipimpinnya.
  • 2.       Proses pengambilan keputusan

Keputusan seorang pemimpin tidak muncul secara tiba-tiba tetapi melalui sebuah proses. Pengambilan keputusan yang akan diwujudkan merupakan tanggungjawab pemimpin. Oleh karena itu pemimpin harus bisa mengambil keputusan dengan tepat dan cepat sesuai dengan kondisi dan situasinya.
  • 3.      Pengendalian dalam kepemimpinan

Pengendalian dalam kepemimpinan maksudnya yaitu respon atau sikap bawahan dalam kesediaan mewujudkan program kerja dari pemimpin organisasi yang menjadi beban kerja masing-masing bawahan. Respon yang diberikan tersebut berupa kesetiaan bawahan kepada pimpinan. Dengan begitu, pemimpin dapat menjalin hubungan kerja yang efektif melalui kerjasama dengan orang-orang yang dipimpinnya.




1 comment:

  1. min boleh minta referensi buat buku tentang dinamika kepemimpinan?

    ReplyDelete